Pentingnya Kuliah Sambil Kerja untuk Kesuksesan di Usia Muda

Jum`at, 25 Januari 2019 21:28:13 - oleh : admin
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Siapa sih yang gak pengen sukses di usia muda? Pasti semua orang mau dong sukses di usia muda. Namun untuk meraihnya Anda pun membutuhkan usaha yang keras dan juga waktu yang tidak singkat. Untuk menyiasatinya Anda sebenarnya sudah bisa membangun karir Anda sejak kuliah, salah satunya dengan Kuliah sambil Bekerja.

Lalu kenapa kita harus melakukan kedua hal tersebut? Kuliah sambil bekerja?

Karena pada dasarnya pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Bahkan dalam dunia kerja pendidikan adalah salah satu modal penting untuk menapaki tangga karir.

Logikanya jika kita hanya kuliah dan menunggu lulus untuk bekerja. Besar kemungkinan kita akan kehilangan kesempatan sukses di usia muda. Karena apa? Kita bekerja menunggu lulus kuliah terlebih dahulu. Jadi kita harus menunda mimpi kita kurang lebih 4 tahun untuk kuliah. Dan sama saja kita menunda sukses kita. Lain lagi jika kita kuliah dibarengi dengan bekerja. Kita bisa sukses lebih muda daripada menunggu waktu untuk wisuda atau lulus kuliah.

"Tapi banyak orang yang gak kuliah bisa sukses kok mas.."

"Bill Gates dan Steve Jobs gak kuliah bisa kayak gitu? "

"Ah gak penting mas kuliah itu"

"Jangan mikir kuliah gak penting! Pengemis dan pemulung dijalan juga gak kuliah bisa gitu. Tergantung orangnya!" -Ade Yahya (Frontend Engineer IDN Media)

 

Kampus itu bukan tempat belajar, kalau tempat belajar bukan cuman di kampus, kamu bisa belajar dari internet, perpus, komunitas.

Kampus itu lingkungan yang baik untuk belajar, dan lingkungan itu sangat berpengaruh untuk setiap manusia!

Memang sih.. Kuliah sambil bekerja adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Membagi kemampuan otak ke dua tugas besar bisa membuat seseorang kepayahan. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu memang berniat melakukannya. Buktinya saya.. Alhamdulillah saya sudah melakoni 2 hal tersebut kurang lebih 2 tahun. Mulai dari tahun 2015 sampai sekarang. Lancar dan sah sah aja kok.

"Mas, alasannya apa sih kok kita harus nyoba kuliah sambil bekerja?"

Begini.. Setelah lulus dari perguruan tinggi, dan mencari pekerjaan, kita akan menulis CV untuk menunjukkan apa yang kita miliki selama di perguruan tinggi. Jika kita tidak pernah bekerja, kita akan mengisi bagian "working experience" kosong. Meskipun fresh graduate perusahaan cenderung untuk mencari orang-orang yang memiliki banyak pengalaman bahkan jika nilai kita tidak cum laude atau tidak begitu bagus, karena itu berarti bahwa kita senang bekerja dan kita punya keterampilan lebih.

 

Jika kita mempunyai nilai bagus, tetapi kita tidak bisa bekerja dengan orang-orang yang belum pernah kita kenal atau tidak dekat sebelumnya itu bisa menjadi kekurangan. Itu sebabnya setiap mahasiswa harus mencoba untuk bekerja, hal ini membantu untuk belajar bagaimana bekerja dengan orang-orang yang belum kita kenal.

Kali ini saya akan berbagi cerita dan menjelaskan secara detail apasih pentingnya kuliah sambil bekerja untuk kesuksesan karir anda..

1. Kita Akan Tahu Arti Perjuangan Hidup yang Sesungguhnya

Yaps benar, poin pertama adalah arti perjuangan hidup. Awalnya saya dulu bekerja cuman buat main-main ya itung-itung bisa nambah uang saku. Eh lama-kelamaan saya mulai merasa tak nyaman dan malu karena masih terus meminta uang pada orang tua. Masa udah kerja masih nebeng orang tua masalah ekonomi? Gensi dong! Kala itu umur saya baru menginjak 18 tahun Haha.. Dan mulai saat itu saya bertekad untuk tidak lagi meminta uang pada orang tua, menghidupi diri sembari kuliah dan mulai belajar bagaimana hiruk pikuk ketika mendapatkan sebuah rupiah.

Emang susah sih, apalagi kita akan kehilangan banyak waktu berkumpul, bermain dan bersenang-senang bersama teman-teman kita, tapi saya percaya. Ada hal baik yang bisa saya dapatkan lebih dulu dari teman-teman yang masih belum mencoba bagaimana mandiri dan belajar menghidupi diri sendiri. Ada pelajaran hidup yang tak ternilai harganya, yaitu kesempatan yang lebih dini yang didapatkan tentang makna akan perjuangan hidup.

 

2. Kita Akan Lebih Menghargai Usaha dan Perjuangan Orang Tua Kita dalam Membesarkan Kita

Ketika kita sudah merasakan bekerja dan mencari uang sendiri, otomatis kita pun jadi merasakan bahwa untuk mendapatkan uang, ada usaha yang harus dilakukan. Tak jarang usaha yang harus dilakukan itu adalah usaha yang tak mudah. Kita pun jadi lebih memahami usaha yang dilakukan oleh orang tua kita dalam membesarkan kita. Ada pengorbanan dan perjuangan yang tak mudah yang harus dilakukan agar hidup kita terus berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang dicita-citakan. Tisu mana tisu, jadi terharu saya..

 

3. Kita Akan Membuat Kedua Orang Tua Kita Bangga dan Itu Adalah Salah Satu Cara Membahagiakan Mereka

Siapa sih orang tua yang gak bangga punya anak yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi? Siapa yang gak bangga punya anak yang sudah punya penghasilan sendiri? Dan sekarang siapa yang gak bangga punya anak yang kuliah dan sudah mandiri serta mempunyai penghasilan sendiri? Nah loh, berlipat-lipat bangga-nya orang tua dan pastinya bahagia banget orang tua ketika memiliki anak seperti kita.

 

4. Belajar Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Ketika kita menjadi mahasiswa kelas karyawan (kuliah sambil bekerja), kita harus mengatur baik-baik waktu yang kita punya. Bahkan kita akan merasa waktu 24 jam sehari ini tidak akan cukup untuk menyelesaikan tanggung jawab maupun aktivitas kita tsb. Kita harus cerda dalam menggu nakan waktu. Kapan kita harus kuliah, belajar, mengerjakan tugas, bekerja, pergi berkumpul bersama teman-teman, dan melakukan hobi kita. Tak bisa kita menggunakan waktu seenaknya karena kita harus membagi antara dunia kuliah dan dunia kerja.

Misalnya, saya kuliah pagi jam 8 sampai jam 4 sore. Selesai kuliah, saya harus bekerja dari jam 5 sampai 9 malam, dan sisanya saya gunakan untuk mengerjakan tugas sampai dengan saya tidur. Ya kira-kira saya tidur mungkin jam 11-12an. Jika tidak ada tugas atau pada saat jam kuliah ada jam kosong, saya bisa pergi atau berkumpul bersama teman-teman. Waktu jeda kuliah pun sering saya gunakan untuk belajar, mengerjakan tugas dan nyicil kerjaan kantor saya. Jadi, waktu di kampus bisa digunakan semaksimal mungkin. Ribet? Mepet? Gak ada waktu buat main-main? Gak juga tuh. Karena saya benar-benar merasakan manfaatnya bagi hidup saya. Saya lebih bisa mengatur hidup dan menggunakan waktu yang saya miliki sebaik-baiknya.

Lebih baik memanfaatkan waktu untuk hal yang positif daripada digunakan denga hal yg negatif seperti pacaran, hangout gak jelas, dll.

 

5. Memiliki Networking (Koneksi) dan juga hubungan pertemanan dan kerja yang lebih luas

Ada temen kuliah dan ada juga rekan kerja. Yaps, lingkup pertemanan kita pun bertambah luas. Di saat itu, lingkup pertemanan tak lagi hanya di sekitaran teman kuliah atau kampus. Obrolan yang kita bisa lakukan juga tak lagi hanya tugas kuliah, project kuliah dan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan mahasiswa. Dengan memiliki lingkup pertemanan yang lebih luas, koneksi dengan orang lain pun menjadi lebih luas. Percayalah bahwa hal-hal baik pun ada dengan kita memiliki banyak teman :)

 

6. Mendapatkan skill & pengalaman kerja yang lebih banyak sebelum lulus

Ketika teman-teman kita masih bergulat dengan tugas kuliah, kita sudah merasakan bagaimana bekerja. Kita sudah memulainya lebih awal dari teman-teman yang lain. Ketika sama-sama lulus, paling tidak kita sudah memiliki bekal pengalaman yang lebih dalam bekerja. Pola bekerja kita juga pastilah sudah berbeda karena sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Terutama gaji, gaji orang yang fresh graduate yg tidak memiliki pengalaman pasti akan lebih sedikit daripada yg punya banyak experience. Ya kan? 

 

Jadi, kuliah sambil bekerja tak jadi masalah selama kita bisa mengatur waktu dan segalanya dengan baik. Jika kita bisa melakukannya dengan baik, hal ini justru akan menjadikan pribadi kita menjadi pribadi yang lebih baik. Percayalah. Terus semangat meraih masa depan dan cita-cita!

"Ini kan judulnya sukses di usia muda ya mas?"

"Emang mas, udah bisa dibilang sukses?"

"Udah bisa nyicil rumah? Udah punya mobil? Keren dong gajinya udah gede."

Nah loh, emang takaran sukses itu kudu bisa nyicil rumah? Udah mampu beli mobil gitu? Harus yang gajinya gede? Harus kerjanya berdasi gitu? Ya enggaklah..

"Takaran sukses bukan dilihat dari berapa banyak uang yang kita miliki, atau setinggi apa jabatan yang diduduki. Tapi sukses itu ketika kita sudah tidak menjadi benalu bagi orang tua kita lagi!"

 

 

Source : https://medium.com/@fahmyhabibullah/pentingnya-kuliah-sambil-kerja-untuk-kesuksesan-di-usia-muda-9a58564f3e26

 

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya