Politeknik Triguna Tasikmalaya Online
Rubrik : Berita Terkini
LOMBA CEPAT TEPAT KOMPUTER (LCTK) 2017
2017-08-05 11:50:14 - by : admin

Buat kamu-kamu yang masih duduk di bangku SLTA (SMA/SMK/MA sederajat), Politeknik Triguna Tasikmalaya kembali akan menggelar ajang tahunan "Lomba Cepat Tepat Komputer Se-Priangan Timur". Ayo guys ikutan.............!!!


Daftarkan segera tim sekolahmu. JADILAH YANG TERBAIK DIANTARA YANG TERBAIK


di Priangan Timur


 


PROPOSAL LCTK 2017


A.   PENDAHULUAN


Dalam
rangka memperingati Dies Natalis ke- IX Politeknik Triguna Tasikmalaya serta mengaplikasikan salah satu
Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Politeknik Triguna Tasikmalaya dalam hal ini akan
menyelenggarakan beberapa kegiatan. Adapun kegiatan tersebut meliputi: Lomba Cepat
Tepat Komputer (LCTK) antar SLTA se-PrianganTimur , yang kemudian akan ditutup dengan puncak acara Dies Natalis pada tanggal
24 Agustus 2017 di Kampus Politeknik
Triguna Tasikmalaya.


1.      Pengertian


Lomba Cepat Tepat Komputer Politeknik Triguna
Tasikmalaya merupakan lomba cepat tepat antar SLTA atau sederajat se-Priangan
Timur (Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Garut) tentang materi komputer, dengan
menggunakan komputer sebagai media untuk soal, jawaban dan penilaian.


Kegiatan ini diselenggarakan
oleh Politeknik Triguna Tasikmalaya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik
Triguna Tasikmalaya dalam rangka Dies Natalis Ke-IX.


2.      Latar Belakang


Kegiatan Lomba Cepat Tepat Komputer ini dilatar
belakangi oleh keinginan Politeknik Triguna Tasikmalaya sebagai Perguruan
Tinggi yang berorientasi pada keahlian dan profesional, untuk memperkenalkan
dan memasyarakatkan komputer sebagai alat bantu terutama melakukan ujian, test,
khususnya cepat tepat dengan pemrosesan data yang cepat, tepat dan efisien,
serta penilaian yang obyektif.


 


B.   NAMA DAN TEMA KEGIATAN


Kegiatan ini bernama: " Lomba Cepat
Tepat Komputer"
dengan tema: "Build Your Confidence and Test Your
Information Technology Capability"


 


C.   MAKSUD DAN TUJUAN


1.      Sebagai sarana untuk menguji kemampuan dan
keterampilan siswa-siswi SLTA atau


         sederajat tentang pengetahuan komputer.


2.      Menumbuhkan minat dan meningkatkan
motivasi siswa-siswi SLTA atau sederajat


         untuk mempelajari teknologi komputer
serta teknologi informasi.


3.      Memperkenalkan komputer sebagai alat/
media ujian, test, cepat tepat kepada


         masyarakat khususnya siswa-siswi SLTA
atau sederajat.


4.      Sebagai salah satu sarana untuk menjalin
serta mempererat kebersamaan dan


         kekeluargaan antar SLTA/ sederajat dan antar
SLTA/ sederajat dengan Politeknik


         Triguna Tasikmalaya.


5.      Menumbuhkan sifat sportifitas dan
solidaritas.


 


D.   RUANG LINGKUP


1.      Kegiatan Pokok


         Menguji kemampuan, keterampilan dan pengetahuan di bidang komputer.


 


2.      Tata Tertib Lomba


a.       Lomba Cepat Tepat Komputer (LCTK)
merupakan lomba dengan menggunakan


         peralatan komputer.


b.      Setiap peserta (1 Orang) disediakan 1 unit
kompter.


c.       Setiap peserta wajib mengikuti technical meeting sebelum bertanding.


d.      Pengelompokkan peserta dilakukan pada saat
technical meeting.


e.       Setiap peserta akan diberi kesempatan
untuk mencoba terlebih dahulu


         mempraktekan tata cara cepat tepat dengan
menggunakan komputer yang


         disediakan panitia.


f.       Seluruh pertanyaan akan muncul dilayar
monitor dan dijawab langsung pada


         komputer.


g.      Pertanyaan untuk setiap peserta
berbeda-beda dan akan di acak (random)
oleh


         komputer.


h.      Pertanyaan berbentuk pilihan ganda dan
jawab singkat serta dilengkapi dengan


          tampilan visual (gambar).


i.       Jika
waktu yang disediakan telah habis, maka komputer secara otomatis akan


         menutup
layar pertanyaan.


j.       Setelah
selesai, nilai untuk setiap peserta secara otomatis ditampilkan.


k.      Setiap babak akan diambil 1 orang dari 5
orang untuk maju ke babak selanjutnya.


         Contoh: Bertanding 15 orang maka akan diambil 3 orang terbaik.


l.       Jawaban
salah tidak mengurangi skor/ nilai.


m.     Jika terjadi masalah dalam perlombaan,
keputusan berada di tangan panitia.


n.      Keputusan panitia tidak dapat diganggu
gugat.


 


3.      Kriteria Penilaian


a.       Terbaik, berdasarkan Nilai/ Score.


b.      Waktu, berdasarkan kecepatan menjawab
seluruh pertanyaan.


 


4.      Materi Cepat Tepat


a.       Pengetahuan Komputer, Jaringan dan
Internet (30%).


b.      Microsoft Word 2007 ke atas (20%).


c.       Microsoft Excel 2007 ke atas (20%).


d.      Microsoft Power Point 2007 ke atas (10%).


e.       Sistem Operasi ( Microsoft dan Linux )
(10%).


f.       Corel Draw dan Photoshop (10%)


 


5.      Hadiah


Perlombaan ini memperebutkan total hadiah senilai Rp. 5.000.000,- (Lima
Juta Rupiah), Trophy Bergilir dan Trophy Tetap dengan rincian sebagai berikut:


















JUARA I



JUARA II



JUARA III



JUARA HARAPAN I, II dan III



-    Uang Tunai


     Rp.2.500.000,-


-    Trophy  Bergilir


-    Trophy  Tetap


-    Piagam


     Penghargaan


-    Souvenir



-   Uang Tunai


     Rp.1.500.000,-


-   Trophy  Tetap


-    Piagam


     Penghargaan


-    Souvenir



-   Uang Tunai


     Rp.1.000.000,-


-   Trophy  Tetap


-   Piagam


     Penghargaan


-   Souvenir



-   Trophy Tetap


-   Piagam Penghargaan


-   Souvenir



Piagam diberikan kepada setiap
peserta dan pembimbing yang menyerahkan surat tugas dari sekolah (satu peserta,
satu pembimbing. Apabila lebih dari satu peserta maksimal dua pembimbing).


 


E.   WAKTU DAN TEMPAT




























KEGIATAN



HARI / TANGGAL



WAKTU



TEMPAT



Pendaftaran



Tanggal 26 Juli - 22 Agustus 2017



08.00 s.d 17.00



Jl. Ibrahim Adjie (Indihiang) No. 7
Tasikmalaya



Technical
Meeting



22 Agustus2017



09.00 s.d selesai



Lomba



23-24 Agustus 2017



09.00 s.d. selesai



*) Informasi dapat dilihat di www.poltektriguna.ac.id


 


F.    PESERTA


Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SLTA atau sederajat yang berada
diwilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Garut.


Persyaratan mengikuti Lomba Cepat
Komputer:


1.      Mewakili sekolah masing-masing.


2.      Mengisi formulir pendaftaran.


3.      Membayar uang pendaftaran Rp. 100.000,-. Per orang.


4.      Membawa surat rekomendasi dari Kepala
Sekolah.


5.      Setiap sekolah maksimal mengirimkan 10
peserta.


6.      Pendaftaran
dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu:


         1.      Tunai


         2.     
Transfer ke panita kegiatan atas nama Asep Warman Bank BNI, No. Rek.


                  0373114774 Setelah transfer harap menghubungi Lies
Suseni


                  085
220 305 555 serta kirimkan Bukti transfer ke email:


                  trigunatasik@poltektriguna.ac.id)


 


G.  PANITIA


Panitia
penyelenggaraan kegiatan ini adalah kombinasi antara Politeknik Triguna
Tasikmalaya dan Badan Eksekutif  Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya,
dengan susunan kepanitiaan terlampir.


 


H.  PENUTUP


Demikian proposal
kegiatan Lomba Cepat Tepat Komputer yang diselenggarakan Politeknik Triguna
Tasikmalaya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya.
Semoga kegiatan yang akan kami laksanakan ini dapat mencapai tujuan sesuai
dengan harapan yang kemudian mampu menjadi tolak ukur penyemangat bagi
siswa-siswi SLTA/ sederajat yang ada di wilayah Priangan Timur pada khususnya
dalam mendalami ilmu computer dan menyadari akan kegunaan dan pentingnya
computer yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini pun
setidaknya mampu menjadi momentum berharga dalam membangun kepercayaan diri dan
menguji diri tentang sejauh mana penguasaannya terhadap ilmu computer sesuai
dengan tema yang diusung dalam kompetisi ini "Build Your Confidence And Test
Your Information Technology Capability"
. Semoga Ridho dan Rahmat-Nya selalu menyertai kita. Aamiin.


 


Proposal LCTK 2017


Formulir Pendaftaran LCTK

Politeknik Triguna Tasikmalaya Online :
Versi Online : /?pilih=news&aksi=lihat&id=46