LOMBA CEPAT TEPAT KOMPUTER (LCTK) 2017

Sabtu, 5 Agustus 2017 11:50:14 - oleh : admin
Rating: 2.2/10 (30 votes cast)

Buat kamu-kamu yang masih duduk di bangku SLTA (SMA/SMK/MA sederajat), Politeknik Triguna Tasikmalaya kembali akan menggelar ajang tahunan "Lomba Cepat Tepat Komputer Se-Priangan Timur". Ayo guys ikutan.............!!!

Daftarkan segera tim sekolahmu. JADILAH YANG TERBAIK DIANTARA YANG TERBAIK

di Priangan Timur

 

PROPOSAL LCTK 2017

A.   PENDAHULUAN

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke- IX Politeknik Triguna Tasikmalaya serta mengaplikasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Politeknik Triguna Tasikmalaya dalam hal ini akan menyelenggarakan beberapa kegiatan. Adapun kegiatan tersebut meliputi: Lomba Cepat Tepat Komputer (LCTK) antar SLTA se-PrianganTimur , yang kemudian akan ditutup dengan puncak acara Dies Natalis pada tanggal 24 Agustus 2017 di Kampus Politeknik Triguna Tasikmalaya.

1.      Pengertian

Lomba Cepat Tepat Komputer Politeknik Triguna Tasikmalaya merupakan lomba cepat tepat antar SLTA atau sederajat se-Priangan Timur (Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Garut) tentang materi komputer, dengan menggunakan komputer sebagai media untuk soal, jawaban dan penilaian.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Politeknik Triguna Tasikmalaya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya dalam rangka Dies Natalis Ke-IX.

2.      Latar Belakang

Kegiatan Lomba Cepat Tepat Komputer ini dilatar belakangi oleh keinginan Politeknik Triguna Tasikmalaya sebagai Perguruan Tinggi yang berorientasi pada keahlian dan profesional, untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan komputer sebagai alat bantu terutama melakukan ujian, test, khususnya cepat tepat dengan pemrosesan data yang cepat, tepat dan efisien, serta penilaian yang obyektif.

 

B.   NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama: " Lomba Cepat Tepat Komputer" dengan tema: "Build Your Confidence and Test Your Information Technology Capability"

 

C.   MAKSUD DAN TUJUAN

1.      Sebagai sarana untuk menguji kemampuan dan keterampilan siswa-siswi SLTA atau

         sederajat tentang pengetahuan komputer.

2.      Menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi siswa-siswi SLTA atau sederajat

         untuk mempelajari teknologi komputer serta teknologi informasi.

3.      Memperkenalkan komputer sebagai alat/ media ujian, test, cepat tepat kepada

         masyarakat khususnya siswa-siswi SLTA atau sederajat.

4.      Sebagai salah satu sarana untuk menjalin serta mempererat kebersamaan dan

         kekeluargaan antar SLTA/ sederajat dan antar SLTA/ sederajat dengan Politeknik

         Triguna Tasikmalaya.

5.      Menumbuhkan sifat sportifitas dan solidaritas.

 

D.   RUANG LINGKUP

1.      Kegiatan Pokok

         Menguji kemampuan, keterampilan dan pengetahuan di bidang komputer.

 

2.      Tata Tertib Lomba

a.       Lomba Cepat Tepat Komputer (LCTK) merupakan lomba dengan menggunakan

         peralatan komputer.

b.      Setiap peserta (1 Orang) disediakan 1 unit kompter.

c.       Setiap peserta wajib mengikuti technical meeting sebelum bertanding.

d.      Pengelompokkan peserta dilakukan pada saat technical meeting.

e.       Setiap peserta akan diberi kesempatan untuk mencoba terlebih dahulu

         mempraktekan tata cara cepat tepat dengan menggunakan komputer yang

         disediakan panitia.

f.       Seluruh pertanyaan akan muncul dilayar monitor dan dijawab langsung pada

         komputer.

g.      Pertanyaan untuk setiap peserta berbeda-beda dan akan di acak (random) oleh

         komputer.

h.      Pertanyaan berbentuk pilihan ganda dan jawab singkat serta dilengkapi dengan

          tampilan visual (gambar).

i.       Jika waktu yang disediakan telah habis, maka komputer secara otomatis akan

         menutup layar pertanyaan.

j.       Setelah selesai, nilai untuk setiap peserta secara otomatis ditampilkan.

k.      Setiap babak akan diambil 1 orang dari 5 orang untuk maju ke babak selanjutnya.

         Contoh: Bertanding 15 orang maka akan diambil 3 orang terbaik.

l.       Jawaban salah tidak mengurangi skor/ nilai.

m.     Jika terjadi masalah dalam perlombaan, keputusan berada di tangan panitia.

n.      Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

 

3.      Kriteria Penilaian

a.       Terbaik, berdasarkan Nilai/ Score.

b.      Waktu, berdasarkan kecepatan menjawab seluruh pertanyaan.

 

4.      Materi Cepat Tepat

a.       Pengetahuan Komputer, Jaringan dan Internet (30%).

b.      Microsoft Word 2007 ke atas (20%).

c.       Microsoft Excel 2007 ke atas (20%).

d.      Microsoft Power Point 2007 ke atas (10%).

e.       Sistem Operasi ( Microsoft dan Linux ) (10%).

f.       Corel Draw dan Photoshop (10%)

 

5.      Hadiah

Perlombaan ini memperebutkan total hadiah senilai Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah), Trophy Bergilir dan Trophy Tetap dengan rincian sebagai berikut:

JUARA I

JUARA II

JUARA III

JUARA HARAPAN I, II dan III

-    Uang Tunai

     Rp.2.500.000,-

-    Trophy  Bergilir

-    Trophy  Tetap

-    Piagam

     Penghargaan

-    Souvenir

-   Uang Tunai

     Rp.1.500.000,-

-   Trophy  Tetap

-    Piagam

     Penghargaan

-    Souvenir

-   Uang Tunai

     Rp.1.000.000,-

-   Trophy  Tetap

-   Piagam

     Penghargaan

-   Souvenir

-   Trophy Tetap

-   Piagam Penghargaan

-   Souvenir

Piagam diberikan kepada setiap peserta dan pembimbing yang menyerahkan surat tugas dari sekolah (satu peserta, satu pembimbing. Apabila lebih dari satu peserta maksimal dua pembimbing).

 

E.   WAKTU DAN TEMPAT

KEGIATAN

HARI / TANGGAL

WAKTU

TEMPAT

Pendaftaran

Tanggal 26 Juli - 22 Agustus 2017

08.00 s.d 17.00

Jl. Ibrahim Adjie (Indihiang) No. 7 Tasikmalaya

Technical Meeting

22 Agustus2017

09.00 s.d selesai

Lomba

23-24 Agustus 2017

09.00 s.d. selesai

*) Informasi dapat dilihat di www.poltektriguna.ac.id

 

F.    PESERTA

Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SLTA atau sederajat yang berada diwilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Garut.

Persyaratan mengikuti Lomba Cepat Komputer:

1.      Mewakili sekolah masing-masing.

2.      Mengisi formulir pendaftaran.

3.      Membayar uang pendaftaran Rp. 100.000,-. Per orang.

4.      Membawa surat rekomendasi dari Kepala Sekolah.

5.      Setiap sekolah maksimal mengirimkan 10 peserta.

6.      Pendaftaran dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu:

         1.      Tunai

         2.      Transfer ke panita kegiatan atas nama Asep Warman Bank BNI, No. Rek.

                  0373114774 Setelah transfer harap menghubungi Lies Suseni

                  085 220 305 555 serta kirimkan Bukti transfer ke email:

                  trigunatasik@poltektriguna.ac.id)

 

G.  PANITIA

Panitia penyelenggaraan kegiatan ini adalah kombinasi antara Politeknik Triguna Tasikmalaya dan Badan Eksekutif  Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya, dengan susunan kepanitiaan terlampir.

 

H.  PENUTUP

Demikian proposal kegiatan Lomba Cepat Tepat Komputer yang diselenggarakan Politeknik Triguna Tasikmalaya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya. Semoga kegiatan yang akan kami laksanakan ini dapat mencapai tujuan sesuai dengan harapan yang kemudian mampu menjadi tolak ukur penyemangat bagi siswa-siswi SLTA/ sederajat yang ada di wilayah Priangan Timur pada khususnya dalam mendalami ilmu computer dan menyadari akan kegunaan dan pentingnya computer yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini pun setidaknya mampu menjadi momentum berharga dalam membangun kepercayaan diri dan menguji diri tentang sejauh mana penguasaannya terhadap ilmu computer sesuai dengan tema yang diusung dalam kompetisi ini "Build Your Confidence And Test Your Information Technology Capability". Semoga Ridho dan Rahmat-Nya selalu menyertai kita. Aamiin.

 

Proposal LCTK 2017

Formulir Pendaftaran LCTK

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya